BERITA

[News] TalkCation, Program Siaran Televisi Besutan Mahasiswa yang Tayang di TV Lokal


2020-09-24

 

Berangkat dari keinginan Prof. Suyanto untuk menerapkan ilmu yang didapat dari mahasiswa Ilmu Komunikasi agar karyanya dapat ditampilkan dalam suatu program, maka terciptalah program talkshow TalkCation yang didalamnya terdapat tim dari mahasiswa ilmu komunikasi yang kemudian akan ditampilkan di channel RBTV setiap minggunya.

Proses produksi semuanya ditangani penuh oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Amikom Yogyakarta, mulai dari mengkonsep acara, script, pemilihan narasumber dan pengambilan gambar. Tentunya juga dibimbing oleh dosen-dosen Prodi Ilmu Komunikasi, yang mana sudah memiliki jam terbang dalam produksi siaran program Televisi, di media Nasional.

TalkCation Doc

TalkCation merupakan program edukasi bagi masyarakat, dan terkhusus untuk mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta. Program ini dikemas dengan cara santai agar mudah dipahami, dengan tetap mengutamakan kualitas informasi yang disampaikan. TalkCation juga turut menghadirkan narasumber dari kalangan akademis dan ahli di bidangnya dengan mengangkat tema tema yang relevan dengan tren di masyarakat. Program ini mengajak masyarakat luas untuk melihat suatu permasalahan tidak hanya dari sisi sosial tapi juga dari sudut pandang akademisi atau ahlinya. TalkCation ditayangkan di channel RBTV frekuensi 40 UHF, di setiap hari Rabu, pukul 09.30 WIB.

Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta tidak hanya memberikan sisi pengetahuan tapi juga pengalaman berkesan, yang mana itu bisa dijadikan sebagai modal bagi mahasiswanya untuk bekompetisi secara global di dunia kerja kelak. Harapannya dengan adanya program kerjasama ini, alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta tidak hanya berpartisipiasi sebagai pekerja di industri tapi juga berpartisipasi sebagai pelaku usaha dibidang industri produksi siaran.

 

Write: Annisa Creative Talkcation
Sunting: Alvian AA, tim prodi.