BERITA

[Artikel] Melatih Kepercayaan Diri Melalui PSU. By: Daffa Ulufannuri


2020-10-05

Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta pasti tidak asing dengan adanya istilah PSU. Bahkan setiap calon mahasiswa baru akan resmi menjadi mahasiswa apabila telah mengikuti agenda pelaksanaan PSU. Pelatihan Super Unggul atau dikenal dengan PSU merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebelum perkuliahan angkatan baru dimulai yang bertujuan untuk melatih kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan setiap mahasiswa.

Namun pada semester ini PSU dilaksanakan secara daring mengingat adanya pandemic virus Korona di Indoneisa. PSU kali ini berbasis NLP (Neuro Linguistic Programming) yang terfokus kepada bagaimana memaksimalkan kemampuaan komunikasi dan pikiran yang dapat berhubungan dengan perilaku seseorang. Kegiatan PSU berbasis NLP telah diadakan selama bulan Agustus hingga September 2020 yang diikuti oleh mahasiswa dan terbagi dalam 10 kelas setiap harinya yang terdiri dari kurang lebih 25 mahasiswa dalam satu ruang Zoom. Dalam kegiatannya, mahasiswa diminta untuk menggambarkan sebuah cerita sesuai intruksi fasilitator sehingga banyak menghasilkan gambaran yang menarik dan cukup menginspirasi.

PSU 2020

Cukup menyenangkan menjadi salah satu host PSU berbasis NLP karena saya dapat mengenal berbagai macam latar belakang mahasiswa dari berbagai daerah. Selain itu, hasil gambar mahasiswa juga kreatif dan terkadang pemikiran mereka out of the box” ujar Ibu Stara Asrita, S.I.Kom., M.A Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta sekaligus Pendamping PSU. Beliau juga berpesan agar mahasiswa tetap sehat dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran di Universitas Amikom Yogyakarta meskipun dilaksanakan secara daring dengan harapan semoga tidak mengurangi antusiasme mahasiswa baru dalam belajar.

 

Writer: Daffa Ulufannuri

Editor: Tim website prodi