BERITA

[Press Release] Workshop Penyununan Dokumen dan Kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka


2020-10-14

Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom yogyakarta pada hari Selasa 13 Oktober 2020 menyelenggarakan workshop penyununan dokumen dan kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka secara daring. Hal ini ditujukan untuk mempersiapkan sistem pembelajaran merdeka belajar - kampus merdeka (MB-KM) sesuai dikeluarkannya kebijakan baru dari KEMDIKBUD. Acara workshop diikuti oleh Dekan fakultas ekonomi dan sosial, kaprodi ilmu komunikasi, serta jajaran dosen dari ilmu komunikasi.

Pemaparan presentasi dari Dr. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T. (Dosen dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada) menyampaikan bahwa ada tiga tahapan dalam menyusun kurikulum yang antara lain:

  1. Profil lulusan dan CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan), hal ini dapat terbentuk dengan menganalisis kebutuhan (sinyal pasar) dan kajian IPTEKS (visi ilmu) serta mengevaluasi pencapaian dari kurikulum sebelumnya.
  2. Mengkaitkan CPL dengan bahan kajian yang bertujuan untuk menentukan relevansi mata kuliah dan besarnya SKS.
  3. Organisasi mata kuliah dan perangkat pembelajaran yang meliputi RPS, rencana tugas, bahan ajar, rencana evaluasi dan instrumen penelitian.
  4. Mengacu pada Permendikbud no.3 tahun 2020 pasal 18 (1,2,3) Perguruan tinggi wajib memberikan fasilitas pelaksanaan pemenuhan masa dan beban belajar dalam proses pembelajaran.

Adapun BKP (Bentuk kegiatan pembelajaran) dalam MBKM antara lain:

  1. Magang/praktek kerja.
  2. Proyek di desa.
  3. Mengajar di sekolah.
  4. Pertukaran pelajar.
  5. Penelitian/riset.
  6. Kegiatan wirausaha.
  7. Studi/proyek independen.
  8. Proyek kemanusiaan.