BERITA

Kunjungan Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ke Universitas Amikom Yogyakarta


27 May 2017

YOGYAKARTA – Jum’at, 19 Mei 2017 Universitas Amikom Yogyakarta mendapat kunjungan studi dari program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Pada kunjungan tersebut, hadir Ibu Poppy Febriana, M. Med. Kom sebagai perwakilan dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Sedangkan mahasiswa yang hadir berjumlah 17 mahasiswa.  

SIDOARJO

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB di Ruang Citra 1 Universitas Amikom Yogyakarta. Bapak Satya, selaku humas Universitas Amikom Yogyakarta memberi sambutan kepada para tamu kunjungan, diikuti oleh Ibu Rivga Agusta, S.IP, M.A sebagai perwakilan dosen Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta, dan Mas Aan sebagai perwakilan staf RBTV. Kunjungan dilakukan terkait dengan mata kuliah Dasar-Dasar Penyiaran.

Ibu Poppy Febriana, M. Med. Kom menyampaikan bahwa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tengah akan merintis kembali stasiun televisi internal kampus yang dulu sudah pernah dibentuk, namun terhenti dalam pengelolaannya. Hal tersebut dikarenakan pengelolaan hanya dilakukan oleh mahasiswa yang masih aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Setelah para mahasiswa lulus, tidak ada kontrol lebih lanjut terhadap stasiun TV internal mereka. Sebagai usaha untuk membentuk kembali, prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menjadikan Universitas Amikom Yogyakarta sebagai sasaran kunjungan studi karena fasilitas serta sumberdaya media penyiaran Universitas Amikom Yogyakarta seperti stasiun TV RBTV dan stasiun radio MQFM yang memang telah berjalan dengan baik.

SIDOARJO 1

Lokasi pertama yang dituju dalam kunjungan pagi itu adalah studio multimedia Universitas Amikom Yogyakarta. Studio multimedia merupakan studio green screen yang digunakan untuk praktek broadcasting mahasiswa. Kemudian rombongan melanjutkan kunjungan ke ruang Cinema yang merupakan ruang showing dengan konsep ruang bioskop berkapasitas 250 orang penonton.

SIDOARJO

Lokasi kunjungan berikutnya adalah laboratorium komputer dan studio radio MQFM. Rombongan disambut oleh Ibu Amy selaku direktur radio MQFM. Pada sesi tersebut, Ibu Amy membagi pengalaman dan ilmunya selama berkecimpung di dunia penyiaran radio, khususnya di radio MQFM kepada para mahasiswa dan Ibu Poppy Febriana, M. Med. Kom. Di akhir sesi, beberapa mahasiswa yang mengaku masih sering mendengarkan siaran radio mendapat bingkisan dari MQFM.

SIDOARJO

Lokasi kunjungan terakhir adalah studio TV RBTV. Rombongan diterima oleh Mas Aan dan hanya diperkenankan untuk meninjau dari balik ruang studio karena syuting live sedang berlangsung ketika rombongan tiba. Pada sesi tersebut, Mas Aan membagi pengalaman selama proses produksi siaran televisi RBTV dan aspek pengelolaan RBTV. (RA)