BERITA

Mahasiswa Ilmu Komunikasi AMIKOM Praktik Liputan ke KPU DIY


06 Apr 2019

Oleh: Gagat Jagaddhita

 

liputan

 

Selasa (2/04) – Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta melakukan liputan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta (KPU DIY) yang terletak di Jl. Ipda Tut Harsono No.47, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Liputan ini berkaitan dengan tugas mata kuliah Teknik Reportase diampu oleh Dwi Pela Agustina, S.I.Kom, M.A.

 Penugasan liputan berita ini mengharuskan mahasiswa untuk peka terhadap lingkungan sekitar agar mampu menghasilkan informasi yang bernilai berita. Mahasiswa dibagi ke dalam tim yang masing-masing terdiri dari lima sampai enam orang dan diminta untuk menyajikan berita jenis hard news dengan format berita yag sudah ditentukan oleh dosen.  Salah satu kelompok mendapat liputan dengan format Voice Over dan Live on Tape (LOT). Kelompok ini berangggotakan Gagat Jagaddhita, Retno Tri Handayani, Theodora Frista Dyah Lalita, Riska Rahma Sari, Tangsen Ginandang Nurlaksono, dan Fatimah Uchti Aslami yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi semester empat angkatan 2017.

Tema yang diambil dalam liputan ini adalah kampanye Anti Golput yang dilakukan oleh KPU DIY. Ruli Febriyanto JS, AMd, Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat menerima tim kami dengan terbuka dan berharap agar tim liputan kami dapat menjadi penyampai informasi dari KPU DIY kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum 17 April 2019 mendatang. “KPU DIY sudah melakukan berbagai kegiatan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pemilihan umum, salah satunya yaitu sosialisasi anti golput dan berbagai event-event yang berguna untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarkat untuk ikut serta dalam pemilihan umum 17 April 2019,” ungkapnya.

Tidak hanya bersedia diwawancara, Ruli juga mengizinkan tim mengambil gambar yang dibutuhkan untuk tugas reportase berita. Selain itu, tim liputan tugas reprotase juga mendapatkan pemahaman tentang pentingnya pemilihan umum yang  merupakan pesta demokrasi di negara Indonesia sehingga dibutuhkan peran aktif masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak golput, karena satu suara mampu mengubah negara ini menjadi lebih baik untuk kedepannya.

Berkaitan dengan penugasan, tim liputan yang merupakan mahasiswa yang melakukan praktik merasa benar-benar bertindak sebagai wartawan sungguhan yang harus melakukan liputan dengan prosedur yang telah ada seperti harus liputan menggunakan surat izin agar mendapat narasumber yang kredibel sehingga berita yang dihasilkan dijamin kebenarannya dan  menghasilkan berita yang berkualitas. Selain itu saat di lapangan tim dituntut untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi sehingga menghasilan berita televisi yang baik seperti berita televisi profesional. Kerja sama tim tentu saja menjadi kunci terhadap keberhasilan sebuah reportase yang bernilai berita dan dapat dipercaya.*** RTH/TFDL/RRS/TGN/FUA