BERITA

Malam Kesenian Universitas Amikom Yogyakarta dan Universiti Teknologi Mara Malaysia


20 Oct 2017

 

ibae

Universitas Amikom dan Universiti Teknologi Mara Malaysia menyelenggarakan malam inagurasi kesenian dalam rangkaian program International Broadcasting Academic Exchange pada 18 Oktober 2017. Acara yang diselenggarakan di ruang Cinema tersebut dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari kedua universitas. Program tersebut merupakan agenda tahunan dalam bidang komunikasi dan broadcasting dengan tujuan memperkaya ilmu pengetahuan bagi kedua program studi.

ibae

Pertunjukkan pertama dibuka oleh tarian mahasiswi Universitas Amikom Yogyakarta yang menampilkan perpaduan tarian modern dan tarian daerah. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta. Bapak Erik Hadi Saputra dan pemutaran video pendek hasil karya mahasiswa. Kemudian mahasiswa Universiti Teknologi Mara Malaysia memberikan persembahan bernama Dikir Barat yang berasal dari negeri Kelantan. Dikir Barat merupakan seni tradisional yang disampaikan secara beramai-ramai dengan menyajikan nyanyian, tarian dan pantun.

ibae

Pertukaran kesenian tersebut merupakan salah satu cara untuk mendekatkan dosen dan mahaiswa dalam budaya yang berbeda. Perbedaan adalah sesuatu yang tidak perlu diperdebatkan dan harus dihormati sehingga harus diajarkan kepada setiap orang salh satu melalui kesenian dan budaya. Acara diakhiri dengan pemberian cindermata dari perwakilan Universiti Teknologi Mara Malaysia kepada Bapak Erik Hadi Saputra dan kemudian sesi foto bersama.