BERITA

Mengenal Produk Jurnalistik lewat Kliping


25 Apr 2018

Komunikasi-Amikom: Mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom 03 mengenal produk jurnalistik dengan membuat kliping produk jurnalistik yang ada di media cetak, Kamis (19/04). Kegiatan ini merupakan metode pembelajaran agar mahasiswa dapat langsung mempraktikkan materi yang telah disampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah Jurnalistik 1.

Reksa Widuri, Mahasiswa IK 03 yang berpostur tinggi ini menyebutkan bahwa selama belajar Jurnalistik ia menjadi tahu tentang seluk beluk media dan dunia jurnalis. “Apalagi khusus tentang produk jurnalistik ini, saya jadi lebih tau lagi bahwa produk jurnalistik itu enggak hanya berita saja, selain itu saya jadi tahu kategorinya ada news dan juga views yang masing-masing ada pembagiannya lagi. Kalau news itu berita, ada berita langsung atau straight news yang terdiri dari hard news dan soft news. Kemudian ada depth news, investigative news, feature news dan berita foto, ” ujarnya ketika ditemui setelah perkuliahan usai.

Selain mengenal produk jurnalistik, Reksa, demikian ia akrab disapa, menjelaskan bahwa ia juga mengetahui Undang-Undang Pers dan Kode Jurnalistik yang harus menjadi acuan bagi wartawan Indonesia. Akan tetapi, Reksa mengakui bahwa pekerjaan sebagai wartawan bukanlah cita-citanya karena ia lebih tertarik kepada konsep iklan dan pemasaran media. “Lebih banyak uangnya,” ujarnya sembari tersenyum lebar.

Tidak hanya Reksa, Arsenia, gadis hitam manis asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini merupakan mahasiswa Ilmu komunikasi Amikom yang mengaku senang mendapat tugas membuat kliping. “Bagus, saya jadi tau jenis-jenis produk jurnalistik meskipun ada yang masih membingungkan antara views dan news dan dengan belajar jurnalistik secara menyeluruh saya jadi paham media. Selain itu diharapkan juga metode pembelajaran dapat lebih beragam lagi, misal menampilkan lebih banyak gambar visual” ujarnya.

“Saya berharap nanti bisa menjadi menulis berita atau artikel dengan baik,” pungkasnya. (DPA)

 

 

Keterangan Foto- Tiga orang mahasiswa sedang berdiskusi dan konsultasi tugas kliping tentang produk Jurnalistik. Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi 03 Univesitas Amikom Yogyakarta yang mengikuti kelas mata kuliah Jurnalistik 1. Dari kiri ke kanan: Reksa Widuri, Intan Disty Anggraini dan Avila Dharmawati.