BERITA

Najwa Shihab : Jurnalis itu Profesi paling Menggairahkan


09 Oct 2017

Najwa Shihab

Sekolah Tinggi Multi Media (MMTC) Yogyakarta dan idtalent mengadakan acara Conference dan Career Expo “Unleash The Potential and Creativity in Digital Era” yang dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Rudiantoro. Acara tersebut digelar pada tanggal 10-11 September 2017 dengan mengundang beberapa pembicara dari latar belakang media dan jurnalisme, salah satuya adalah Najwa Shihab.

Nana, panggilan akrab Najwa Shihab memberikan materi dengan tema “Building Journalism Career”. Menurutnya, dalam dunia jurnalisme, selain skill, seseorang  harus memiliki kemantapan hati untuk mencari tahu tentang sebuah kasus. Mahasiswa pada masa kuliah dapat mempelajari materi jurnalistik secara teknis melalui teori. Namun, untuk melatih kesabaran untuk belajar, menumbuhkan critical thinking diperoleh melalui pengalaman di lapangan.

Di era sekarang, seseorang yang ingin menjadi jurnalis  harus tangguh, tidak mudah menyerah, toleran terhadap perbedaan di tengah perkembangan dunia jurnalisme yang penuh dengan ketidakpastian. Nana mengatakan bahwa harta terbesar jurnalis adalah orang. Artinya orang dapat menjadi subjek wawancara seorang jurnalis, sebagai pusat informasi. Di akhir sesi, Nana memberikan saran kepada semua peserta untuk memikirkan bagaimana Indonesia dan Dunia dalam 20 tahun kedepan. Saya akan menjadi apa nanti, tidak hanya setelah lulus tapi beberapa tahun kedepan.