HALAMAN

Tentang Prodi Ilmu Komunikasi


Program studi S1 Ilmu Komunikasi merupakan salah satu prodi di Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas AMIKOM Yogyakarta yang memiliki empat konsentrasi yaitu Visual Design, Marketing, Broadcasting dan Cinema. Mahasiswa dalam program studi ini dapat mempelajari mengenai dunia perfilman, jurnalistik, produksi media, periklanan, public relation, dan bidang-bidang lainnya di dunia ilmu komunikasi. Program studi ini mendorong para mahasiswa maupun lulusannya untuk dapat menerobos industri media, seperti prestasi yang telah dicapai oleh Universitas Amikom Yogyakarta melalui produk medianya yakni The Winner of The Best Websites Tourism Promotion Organization Asia Pacific Cities Beijing China 2011, dan menjadi nominasi dari Asia Pacific ICT Alliance (APICTA) Awards Thailand 2011.

Program studi ini menyediakan sistem pengajaran yang menyeimbangkan pembelajaran formal di kelas dengan praktek profesional atau kejuruan. Salah satu keunggulan program studi ini adalah memberikan kesempatan yang luas bagi para mahasiswa untuk dapat langsung mengambil peran dalam berbagai program penyiaran, perfilman, maupun periklanan. Mahasiswa mempunyai peluang untuk berperan di program Channel 40 yang dikelola mahasiswa di stasiun RBTV. Mahasiswa juga berkesempatan untuk bekerja dengan tim penyiar Radio MQFM, Im Production MSV Pictures, dan Agensi Periklanan Mataram Surya Visi.

Dengan bekal keilmuan serta skill mahasiswa di bidang ilmu komunikasi, AMIKOM International Office mendukung mahasiswa untuk terus meningkatkan capaian prestasi di sektor pendidikan dengan mengikuti exchange program dengan perguruan tinggi di lingkup internasional seperti Deakin University, University of Tasmania, Budapest Business School, Szechenyi Isvan University, Gwangju Institute of Science and Technology, Asia University, Lunghwa University of Science and Technology, Haute Ecole Albert Jacquard, Unitar International University, Universiti Teknologi Mara, The Institute of Technical Education (ITE) Singapore, dll. Selain itu mahasiswa didorong untuk mengikuti kegiatan mobilitas jangka pendek dengan mitra institusi media di seluruh dunia seperti Walt Disney, Tencent, Paramount Pictures, California Pictures, KRU Studio, Blackberry, CJ Entertainment, In2 Group, dll.

Visi Prodi Ilmu Komunikasi

Menjadikan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta sebagai rujukan pengembangan ilmu dan praktik dalam bidang visual design, marketing communication, broadcasting, dan cinema di Indonesia pada tahun 2030.

Misi Prodi: Unggul Dalam Bidang Pendidikan
  • Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi bidang pendidikan Ilmu Komunikasi berbasis entrepreneur yang berkualitas, produktif dan profesional.
  • Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu, dan pengembangan karakter
  • Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki perspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan.
  • Meningkatkan pemahaman dalam keilmuan bidang Ilmu Komunikasi dengan penguasaan ICT (Information and Communication Technology).
  • Menjalin relasi dengan seluruh program studi ilmu komunikasi dan asosiasi bidang ilmu komunikasi baik lokal, nasional, internasional, serta stakeholder lain guna meningkatkan kualitas akademik dan penerapan Ilmu Komunikasi.
Misi Prodi: Unggul Dalam Penelitian
  • Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan.
  • Mendorong tumbuhnya kreativitas untuk menghasilkan karya-karya di bidang Ilmu Komunikasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
  • Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru yang sesuai bidang Ilmu Komunikasi atau interdisiplin ilmu.
Misi Prodi: Unggul Dalam Pengabdian Masyarakat
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
  • Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan.
  • Menerapkan keahlian di bidang Ilmu Komunikasi untuk menghasilkan produk/layanan yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat.
  • Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja di berbagai sektor, mampu mempromosikan terobosan-terobosan baru di bidang Ilmu Komunikasi, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 


Watch Our Video