Berita S1 - Ilmu Komunikasi

IMPLEMENTASI KOLABORASI INTERNASIONAL, ILKOM AMIKOM YOGYAKARTA DATANGKAN DOSEN TAMU DARI FILIPINA

IMPLEMENTASI KOLABORASI INTERNASIONAL, ILKOM AMIKOM YOGYAKARTA DATANGKAN DOSEN TAMU DARI FILIPINA

 

Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta terus melakukan terobosan demi peningkatan mutu program studi khususunya pada skala internasional. Salah satu implementasi yang dilakukan adalah adanya kolaborasi dengan mendatangkan dosen tamu sekaligus direktur Institute of Open and Distance Education (IODE) Polytechnic University of the Philippines Prof. Rudolf Anthony A. Lacerna pada 28 Mei 2024.

 

Prof Rudolf sebagai pembicara, menyampaikan materi berjudul “New Media Theory and Case Study in the Philippines” di ruang 621 dan dimulai pukul 09.00 - 10.30 WIB serta dihadiri oleh seluruh mahasiswa kelas internasional (BCCS) angkatan 2021-2023.

 

Tidak hanya menyampaikan materi, pembicara juga memberikan contoh serta studi kasus yang terjadi terkait perkembangan dan tantangan new media di beberapa negara. Materi yang disampaikan dapat memberikan insight baru dan mendalam tentang dinamika media modern saat ini.

 

Monika Prety Aprilia, M.Si selaku Koordinator Tim P3M Prodi Komunikasi menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tridharma di bidang pendidikan dan pengajaran. Sehingga dosen-dosen di lingkungan Amikom Yogyakarta dapat belajar dan diskusi lebih lanjut dengan prespektif yang berbeda terkait media baru dan teori komunikasi.

 

“Kami senang sekali bisa kedatangan Prof. Rudolf di sini karena selain mahasiswa bisa belajar dari dosen luar, Bapak dan Ibu dosen juga bisa belajar bagaimana cara mengajar khususnya mata kuliah Teori Komunikasi”, ucap Monic.

 

Kegiatan ini disambut antusias oleh seluruh peserta yang hadir. Diskusi ini tidak hanya memperkaya pengetahuan dan pengalaman mahasiswa, tetapi juga memotivasi mereka untuk mengeksplorasi lebih lanjut bidang ilmu komunikasi dan media modern dalam konteks internasional. Pada sesi akhir perkuliahan, bagi mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan, akan mendapat kenang-kenangan yang langsung dibawa dari Filipina. Ada 3 mahasiswa yang beruntung dari kelas BCCS yaitu Sekar, Rara dan Ervin.

 

“Seneng banget dan excited karna baru pertama ada dosen tamu yang langsung didatangkan dari luar negeri di kelas internasional. Apalagi dapet hadiah dari Filipina pas bisa jawab. Bikin lebih semangat kuliahnya dan jadi pengalaman yang tak terlupakan. Kehadiran dan kontribusi dosen tamu dalam menyampaikan materi di kelas kami sangat kami hargai. Kami mengucapkan terima kasih atas waktu yang telah diberikan untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa kami di Universitas Amikom Yogyakarta", jelas Ervin.

 

Setelah perkuliahan berakhir, Prof. Rudolf diajak mengelilingi area kampus Amikom Yogyakarta. Terlihat sumringah dan kagum pada fasilitas kampus yang dimiliki dalam menunjang kegiatan belajar mengajar khususnya dalam hal praktikum.

 

Seluruh rangkaian kegiatan merupakan bagian dari komitmen Program Studi sebagai upaya dalam pengimplementasian kerjasama internasional untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui penyediaan pendidikan berkualitas tinggi dan memperkuat jaringan internasional. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kompetensi yang unggul sehingga siap menghadapi tantangan global – (Kontributor Tim Sosmed, gz).

 

File Attachments

Galeri Gambar