SKEMA SKRIPSI REGULER
 
 
Template skripsi skema reguler dapat didownlod di sini
 
 
Sistematika penulisan untuk pendekatan kualitatif (penelitian lapangan)
 
Bab 1 (Pendahuluan)
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan Penelitian
Manfaat Penelitian
Sistematika Bab
  
Bab 2 (Tinjauan Pustaka)
Penelitian Sebelumnya
Landasan Teori/ Konsep
Kerangka Konsep
 
Bab 3 (Metodologi Penelitian)
Paradigma Penelitian
Pendekatan Penelitian
Metode Penelitian
Subjek dan Objek Penelitian
Teknik Pengambilan Data
Waktu Penelitian
Teknik Analisis Data
Teknik Keabsahan Penelitian
 
Bab 4 (Temuan dan Pembahasan)
Profil Informan
Temuan Penelitian
Pembahasan
 
Pembahasan Bab 5 (Penutup)
Kesimpulan Saran
Penelitian Selanjutnya
 
 
 
Sistematika penulisan untuk pendekatan kualitatif (penelitian teks)
 
Bab 1 (Pendahuluan)
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan Penelitian
Manfaat Penelitian
Sistematika Bab
  
Bab 2 (Tinjauan Pustaka)
Penelitian Sebelumnya
Landasan Teori/ Konsep
Kerangka Konsep
 
Bab 3 (Metodologi Penelitian)
Paradigma Penelitian
Pendekatan Penelitian
Metode Penelitian
Subjek dan Objek Penelitian
Teknik Pengambilan Data
Waktu Penelitian
Teknik Analisis Data
Teknik Keabsahan Penelitian
 
Bab 4 (Temuan dan Pembahasan)
Deskripsi Objek
Temuan Penelitian
Pembahasan
 
Pembahasan Bab 5 (Penutup)
Kesimpulan Saran
Penelitian Selanjutnya
 
 
 
Sistematika penulisan untuk pendekatan kuantitatif (survei)
 
Bab 1 (Pendahuluan)
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan Penelitian
Manfaat Penelitian
Sistematika Bab
  
Bab 2 (Tinjauan Pustaka)
Penelitian Sebelumnya
Landasan Teori
Operasionalisasi Konsep
Hipotesa Penelitian
Kerangka Pemikiran
 
Bab 3 (Metodologi Penelitian)
Paradigma Penelitian
Pendekatan Penelitian
Metode Penelitian
Populasi dan Sample
Teknik Pengambilan Data dan Teknik Sample
Waktu dan Lokasi Penelitian
Teknik Analisis Data
Uji Validitas dan Uji Reliabilitas
 
Bab 4 (Temuan dan Pembahasan)
Hasil uji validitas dan uji reliabilitas
Hasil Penelitian
Pembahasan
 
Pembahasan Bab 5 (Penutup)
Kesimpulan
Saran Penelitian Selanjutnya
 
 
 
Sistematika penulisan untuk pendekatan kuantitatif (analisis isi)
 
Bab 1 (Pendahuluan)
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan Penelitian
Manfaat Penelitian
Sistematika Bab
  
Bab 2 (Tinjauan Pustaka)
Penelitian Sebelumnya
Landasan Teori
 
Kerangka Teori
 
Bab 3 (Metodologi Penelitian)
Paradigma Penelitian
Pendekatan Penelitian
Metode Penelitian
Populasi dan Sample
Teknik Pengambilan Data dan Teknik Sample
Waktu dan Lokasi Penelitian
Teknik Analisis Data
Uji Validitas dan Uji Reliabilitas
 
Bab 4 (Temuan dan Pembahasan)
Gambaran objek penelitian
Hasil uji validitas dan uji reliabilitas
Hasil Penelitian
Pembahasan
 
Pembahasan Bab 5 (Penutup)
Kesimpulan
Saran Penelitian Selanjutnya
 
 
 
 
SKEMA SKRIPSI NON REGULER
 
Template skripsi skema non reguler dapat didownlod di sini
 
A. SCIENTIST
Publikasi artikel ilmiah di jurnal.
  1. Skema ini hanya untuk individu/ perorangan/
  2. Artikel dimuat di jurnal yang terakreditasi Nasional (Sinta 1-6)
  3. Focus dan scope jurnal harus sesuao dengan bidang Ilmu Komunikasi. Terutama yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari mahasiswa di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta.
  4. Mahasiswa secara penuh menulis artikel ilmiah sedangkan dosen pembimbing memberikan bimbingan dan konsultasi sepanjang proses penelitian dan penulisan artikel ilmiah.
  5. Dalam urutan penulis, mahasiswa merupakan penulis pertama dan juga bertindak sebagai corresponding author. Sedangkan dosen pembimbing merupakan penulis kedua.
  6. Mahasiswa dan dosen bersama-sama menentukan jurnal yang dituju untuk publikasi. Hal ini untuk menghindari mahasiswa submit artikel di jurnal predator. Apabila mahasiswa telanjur menerbitkan di jurnal predator maka nilai skripsi saat sidang adalah D dan mahasiswa harus mengulang sidang pendadaran.
  7. Format penulisan artikel mengikuti ketentuan format penulisan jurnal yang dituju.
  8. Apabila mahasiswa dan dosen bersepakat untuk mengirimkan artikel ilmiah di jurnal berbayar, maka biaya publikasi ditanggung penuh oleh mahasiswa.
  9. Apabila mahasiswa dan dosen bersepakat untuk mengirimkan artikel ilmiah di jurnal internasional berbahasa Inggris, maka biaya penerjemahan artikel ilmiah ditanggung penuh oleh mahasiswa.
  10. Artikel harus sudah diterbitkan apabila mahasiswa akan mendaftarkan sidang pendadaran.

 

 

 

B. ARTIS

Artis - Output karya Visual

  • Skema ini hanya untuk perorangan (individu).
  • Mahasiswa wajib menggandeng mitra yang disetujui oleh dosen pembimbing.
  • Materi karya berwujud visual (foto, esai foto, foto story, desain komunikasi visual, atau konten lain yang masih di bawah payung Ilmu Komunikasi).
  • Karya skripsi harus merupakan karya baru dan diproduksi sebagai persyaratan Tugas Akhir mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi.
  • Karya dipublikasikan/ dimuat/ ditayangkan secara online atau offline. Apabila secara online, bisa di media digital seperti media sosial, website, dan saluran lainnya yang bisa diakses dengan perangkat digital. Pemilihan media harus berdasarkan alasan akademis dan hasil diskusi dengan dosen pembimbing. Apabila secara offline, mahasiswa bisa memilih venue yang mampu merepresentasikan karya visualnya.
  • Karya merupakan hasil riset, eksplorasi dan kreativitas mahasiswa yang dalam prosesnya didampingi oleh dosen pembimbing.
  • Ketentuan tentang jumlah karya, frekuensi penayangan karya, materi (ide, tema, style konten, dan lain-lain) serta hal teknis lainnya harus didasarkan pada alasan akademis dan hasil diskusi dengan dosen pembimbing.
  • Karya wajib untuk didaftarkan HKI oleh mahasiswa secara mandiri dengan mengatasnamakan mahasiswa (pencipta pertama) dan dosen pembimbing (pencipta kedua) sebagai syarat sidang pendadaran.
  • Karya wajib dipublikasikan melalui pameran/ media yang terafiliasi dengan mitra.
 

Artis - Output karya Audio

  • Skema ini hanya untuk perorangan (individu).
  • Mahasiswa wajib menggandeng mitra yang disetujui oleh dosen pembimbing.
  • Materi karya berwujud audio (podcast, audiobook, atau jenis lainnya yang masih berada di bawah payung Ilmu Komunikasi).
  • Karya skripsi harus merupakan karya baru dan diproduksi sebagai persyaratan Tugas Akhir mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi.
  • Karya dipublikasikan/ dimuat/ ditayangkan di media massa atau media digital. Pemilihan media harus berdasarkan alasan akademis dan harus disetujui dosen pembimbing.
  • Karya merupakan hasil riset, eksplorasi dan kreativitas mahasiswa yang dalam prosesnya didampingi oleh dosen pembimbing.
  • Ketentuan tentang jumlah karya, frekuensi penayangan karya, materi (tema, style konten, durasi konten, dan lain-lain) serta hal teknis lainnya harus didasarkan pada alasan akademis dan harus mendapat persetujuan dosen pembimbing.
  • Karya wajib untuk didaftarkan HKI oleh mahasiswa secara mandiri dengan mengatasnamakan mahasiswa (pencipta pertama) dan dosen pembimbing (pencipta kedua) sebagai syarat sidang pendadaran.
  • Karya wajib dipublikasikan melalui media massa atau media yang terafiliasi dengan mitra.

 

Artis - Output karya Audio Visual

  • Skema ini bisa untuk perorangan (individu) dan kelompok maksimal 3 orang mahasiswa.
  • Mahasiswa wajib menggandeng mitra yang disetujui oleh dosen pembimbing.
  • Untuk karya film fiksi dan dokumenter, mahasiswa tidak wajib menggandeng mitra.
  • Materi karya berwujud audio visual (film fiksi, film dokumenter, iklan, atau jenis lainnya yang masih berada di bawah payung Ilmu Komunikasi).
  • Karya skripsi harus merupakan karya baru dan diproduksi sebagai persyaratan Tugas Akhir mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi.
  • Karya dipublikasikan/ dimuat/ ditayangkan secara online atau offline. Apabila secara online, bisa di media digital seperti media sosial, website, dan saluran lainnya yang bisa diakses dengan perangkat digital. Pemilihan media harus berdasarkan alasan akademis dan hasil diskusi dengan dosen pembimbing. Apabila secara offline, mahasiswa bisa memilih venue yang mampu merepresentasikan karya visualnya.
  • Karya merupakan hasil riset, eksplorasi dan kreativitas mahasiswa yang dalam prosesnya didampingi oleh dosen pembimbing.
  • Ketentuan tentang jumlah karya, frekuensi penayangan karya, materi (tema, style konten, durasi konten, dan lain-lain) serta hal teknis lainnya harus didasarkan pada alasan akademis dan harus mendapat persetujuan dosen pembimbing.
  • Karya wajib untuk didaftarkan HKI oleh mahasiswa secara mandiri dengan mengatasnamakan mahasiswa (pencipta pertama) dan dosen pembimbing (pencipta kedua) sebagai syarat sidang pendadaran.
  • Karya wajib dipublikasikan melalui screening terjadwal/ screening mandiri/ media massa/ media yang terafiliasi dengan mitra tertentu.
 
 
 
C. INTERNSHIP
  • Internship dilakukan mahasiswa secara mandiri selama minimal 3 bulan. Surat pengantar dari kampus dapat diminta ke admisi fakultas.
  • Perusahaan/ lembaga untuk skema ini minimal berskala nasional.
  • Bidang perusahaan/lembaga untuk internship/magang adalah bidang Ilmu Komunikasi. Misalnya: bidang broadcasting di stasiun televisi skala nasional, bidang sinema di production house skala nasional, bidang marketing communication di agensi iklan skala nasional, demikian juga dengan Visual Design.
  • Apabila mahasiswa magang di perusahaan/lembaga yang tidak bergerak di bidang Ilmu Komunikasi, maka mahasiswa harus ditempatkan di departemen/ divisi yang fokusnya terkait dengan bidang Ilmu Komunikasi (misal: corporate communication, public relation, media relation, dan lain-lain)
  • Untuk template skripsi skema ini menggunakan template skripsi reguler.
 
 
 
D. ENTREPRENEUR
 
Program Bisnis di Bidang Produksi/ Jasa Komunikasi (individu atau kelompok maksimal 3 orang mahasiswa)
  • Usaha yang dimiliki mahasiswa harus sesuai dengan bidang Ilmu Komunikasi
  • Jasa produksi di bidang desain komunikasi visual (desain grafis, fotografi, dan jasa lain yang mencakup desain komunikasi visual).
  • Jasa produksi di bidang audio visual (iklan, film, video klip, film dokumenter, dan produk lain yang mencakup bidang audio visual)
  • Jasa produksi di bidang marketing communication (digital media expert, social media consulting, dan jasa lain yang mencakup marketing communication).
  • Jasa produksi di bidang kehumasan (agensi humas, event organizer, dan jasa lain yang mencakup kegiatan kehumasan).
  • Jasa produksi di bidang periklanan
  • Usaha sudah berjalan sebelum pengajuan judul ke DAAK, dibuktikan dengan akta notaris pendirian badan hukum
  • Usaha memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha)
  • Nama mahasiswa/salah satu mahasiswa bagi yang mengambil skema ini secara kelompok, tercantum dalam akta pendirian badan hukum.
  • Perusahaan sudah memiliki company profile
  • Sudah dan atau sedang menerima pesanan/ order dari klien.
  • Bagi mahasiswa yang berkelompok, setiap mahasiswa memiliki peran di perusahaan. Peran-peran tersebut antara lain: direktur, manajer pemasaran, manajer operasional, finance, dan peran lain yang penting di perusahaan.
 
Program Bisnis di Bidang Konsultasi Komunikasi (individu atau kelompok maksimal 3 orang mahasiswa)
  • Usaha yang dimiliki mahasiswa harus sesuai dengan bidang Ilmu Komunikasi
  • Jasa produksi di bidang desain komunikasi visual (desain grafis, fotografi, dan jasa lain yang mencakup desain komunikasi visual).
  • Jasa produksi di bidang audio visual (iklan, film, video klip, film dokumenter, dan produk lain yang mencakup bidang audio visual)
  • Jasa produksi di bidang marketing communication (digital media expert, social media consulting, dan jasa lain yang mencakup marketing communication).
  • Jasa produksi di bidang kehumasan (agensi humas, event organizer, dan jasa lain yang mencakup kegiatan kehumasan).
  • Jasa produksi di bidang periklanan
  • Usaha sudah berjalan sebelum pengajuan judul ke DAAK, dibuktikan dengan akta notaris pendirian badan hukum
  • Usaha memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha)
  • Nama mahasiswa/salah satu mahasiswa bagi yang mengambil skema ini secara kelompok, tercantum dalam akta pendirian badan hukum.
  • Perusahaan sudah memiliki company profile
  • Sudah dan atau sedang menerima pesanan/ order dari klien.
  • Bagi mahasiswa yang berkelompok, setiap mahasiswa memiliki peran di perusahaan. Peran-peran tersebut antara lain: direktur, manajer pemasaran, manajer operasional, finance, dan peran lain yang penting di perusahaan.