PENGANTAR SKEMA SKRIPSI PROGRAM ILMU KOMUNIKASI

 

Berkenaan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terkait Program Kampus Merdeka, maka mahasiswa dimungkinkan selesai kuliah dengan banyak metode yang tercantum dalam buku panduan skripsi Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta. Semua jenis skripsi tersebut pada prinsipnya dapat dipilih oleh mahasiswa untuk memenuhi syarat kelulusan sarjana strata satu (S1) di Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta umumnya, dan Program Studi Ilmu Komunikasi khususnya. Namun demikian, Program Studi Ilmu Komunikasi melalui tim Pengelola Program Penunjang P3M (Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) merumuskan prosedur skripsi untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta. Ada 2 pendataan yang wajib diisi oleh mahasiswa. Pertama, pendataan Prodi. Kedua, pendataan DAAK.

 

PROSEDUR PENGAJUAN SKRIPSI ILMU KOMUNIKASI

 

Syarat Pengajuan Judul Skripsi

 

 

Syarat bagi mahasiswa yang akan mengajukan skripsi adalah sebagai berikut:

 

  • Mahasiswa berstatus aktif pada semester yang ditempuh.

  • Mahasiswa telah menyelesaikan semester 5 atau telah menempuh 120 SKS.

  • Mahasiswa telah/ sedang mengambil K3/ magang.

  • Mahasiswa memiliki IP Kumulatif minimal 2.0.

  • Mahasiswa memiliki nilai minimal C untuk mata kuliah MPK Kuantitatif, MPK Kualitatif, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam/ Non-Islam, dan Kewarganegaraan (semua angkatan). Apabila mendapatkan nilai D dan E untuk mata kuliah tersebut maka diwajibkan untuk mengulang hingga mendapat nilai minimal C. Mahasiswa bisa mengambil Skripsi dan mengulang mata kuliah tersebut di semester yang sama

  • Mahasiswa memiliki nilai minimal C untuk mata kuliah Metode Penelitian Sosial (untuk Angkatan 2017-2019).

 

LANGKAH-LANGKAH PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI:

Bagi mahasiswa yang mengambil skema reguler

 

  • Mahasiswa mengisi form pengajuan judul di https://bit.ly/PengajuanJudulSkripsiReguler

  • Setelah mengisi form pengajuan judul ke prodi, mahasiswa akan mendapatkan “Surat Keterangan” dari prodi jika judul diterima pada monitoring awal.

  • Mahasiswa yang sudah mendapatkan “Surat Keterangan” dari prodi, bisa mengajukan pengajuan judul ke DAAK https://daak.amikom.ac.id/page/pengajuan-judul-taskripsi untuk mendapatkan Surat Penunjukkan Dosen (SPD). 

  • Setelah mendapatkan SPD, mahasiswa bisa menghadap dosen pembimbing yang tertera pada SPD untuk melanjutkan bimbingan skripsi.

  • Jika judul yang diajukan belum bisa di-acc (revisi atau ditolak), akan ada pemberitahuan melalui e-mail dalam jangka waktu 1 minggu. Ajukan kembali dengan merujuk pada catatan yang diberikan.

Bagi mahasiswa yang mengambil skema non-reguler (artist, entrepreneurship, scientist artikel jurnal) :

 

  • Mahasiswa mengisi form pengajuan judul di https://bit.ly/SkripsiNonRegulerIK 

  • Setelah mengisi form pengajuan judul ke prodi, mahasiswa akan mendapatkan notifikasi. Jika judul disetujui, mahasiswa akan mendapatkan “Surat Keterangan” dari prodi.`

  • Mahasiswa yang sudah mendapatkan “Surat Keterangan” dari prodi, bisa mengajukan pengajuan judul ke DAAK https://daak.amikom.ac.id/page/pengajuan-judul-taskripsi untuk mendapatkan Surat Penunjukkan Dosen (SPD).

  • Setelah mendapatkan SPD, mahasiswa bisa menghadap dosen pembimbing yang tertera pada SPD untuk bimbingan skripsi.

  • Dokumen yang perlu dipersiapkan:

    •Proposal, template proposal dapat Anda download di sini: download template https://docs.google.com/document/d/164UOn0EvF8Wl5jA7qllarCsCmwZmUT8qkzvibIiHM5s/edit

    •Kartu Hasil Studi (bukti pengambilan KRS mata kuliah Skripsi).

    •Bukti pendukung (jika skema prestasi, upload bukti piagam, sertifikat, atau bukti lain sejenis).

    •Screenshot bukti persetujuan dosen bimbingan non formal (bukti dosen menyetujui sebagai dosen pembimbing, bisa bukti chat).

 

Apabila setelah mendapatkan SPD mahasiswa diminta untuk merevisi judul skripsi

  • Pengajuan revisi dilakukan apabila ada perubahan yang signifikan, misal: perubahan dari reguler menjadi non reguler (atau sebaliknya), perubahan subjek/ objek penelitian, perubahan metode penelitian dan perubahan teori penelitian. 

  • Mahasiswa wajib melaporkan revisi judul ke link pengajuan judul prodi (baik reguler https://bit.ly/PengajuanJudulSkripsiReguler maupun non-reguler https://bit.ly/SkripsiNonRegulerIK ). 

  • Apabila sudah mendapatkan acc (surat keterangan), silahkan melanjutkan proses bimbingan dengan dosen pembimbing

  • SPD wajib disesuaikan kembali setelah melakukan revisi judul atau pergantian skema https://daak.amikom.ac.id/page/perubahan-judul-taskripsi .

 

Link video panduan pengajuan judul (lihat panduan di youtube)

link : https://www.youtube.com/watch?v=b3WgxszfhwE

 

PENDADARAN SIDANG SKRIPSI

Apa saja syarat untuk maju sidang pendadaran?

 

  1. Pendaftaran Pendadaran dibuka setiap saat melalui tautan https://bit.ly/pendadaranoffline

  2. Mahasiswa telah mengambil mata kuliah minimal 138 SKS.

  3. Mahasiswa tidak boleh memiliki nilai E pada transkrip nilainya. 

  4. Mahasiswa hanya boleh memiliki nilai D tidak boleh lebih dari 25% dari total SKS.

  5. Untuk mata kuliah negara seperti Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia serta MPK Kuantitatif dan MPK Kualitatif nilai minimal adalah C. Mahasiswa yang mendapatkan D dan E pada mata kuliah tersebut disarankan untuk mengulang mata kuliah agar bisa maju sidang pendadaran.

 

Langkah-langkah untuk mendaftar sidang pendadaran:

1. Scan Surat Pernyataan Masa Sanggah yang ditandatangani di atas meterai 10 ribu oleh mahasiswa. Template surat bisa didownload di https://docs.google.com/document/d/1HXaIqjWSKQ8GXfbqXegQDeWyQxNKUZYe/edit

 

2. Berkas bukti ACC pendadaran dari dosen pembimbing TA/Skripsi (bisa berupa screenshot WA, Email atau file dari dosen pembimbing) dan wajib tertera tanggal ACC pendadarannya dengan jelas.

 

3. Scan sertifikat seminar/kegiatan selama menjadi mahasiswa 

 

4. Transkrip nilai terakhir keseluruhan. Silakan download melalui dashboard mhs.amikom.ac.id (format pdf).

 

5. Bukti pembayaran pendadaran beserta melunasi semua tunggakan (jika ada tunggakan) melalui Virtual Account/Transfer Bank (gabung jadi 1 file pdf/jpg).

 

6. Scan Surat Penunjukan Dosen (SPD) yang telah ditandatangani/ACC Judul SPD-nya oleh Dosen Pembimbing TA/Skripsi (gabung jadi 1 file pdf).

 

7. Scan Surat Balasan Persetujuan SIP dari Objek Penelitian (Jika TA/Skripsi Menggunakan Objek Penelitian) (format pdf/jpg).

 

8. Scan Surat Pernyataan Tanpa Surat Ijin Penelitian (Jika Judul TA/Skripsi Menyebutkan Objek/Lokasi Penelitian, Namun Tidak Ada SIP) (format pdf). template bisa download di web https://daak.amikom.ac.id/page/surat-formulir

9. Berkas-berkas tersebut silakan diupload melalui link : https://bit.ly/pendadaranoffline

 

(Silakan login account email Students Amikom terlebih dahulu untuk dapat mengakses link ini)

 

Mahasiswa juga diminta untuk mengisi log book activity sepanjang pengerjaan skripsi.

 

Log Book Activity merupakan merupakan catatan harian tentang kegiatan mahasiswa selama bimbingan dengan dosen pembimbing skripsi, yang mana catatan tersebut ditulis oleh mahasiswa dan sebagai salah satu syarat untuk proses pengajuan pendadaran. 

Log Book Activity, dapat Anda download di sini: https://docs.google.com/document/d/1jBT8C-WVRt0uBX3EzIn_7eC6Ne6C_lHt/edit#heading=h.sr334m35jxyn

Contoh Log Book Activity, dapat Anda download di sini: https://docs.google.com/document/d/1fDWdWkONoqu92Z2D9knEpPGepWGSBMHO/edit#heading=h.meizd9542yje

 

 

 

SKEMA SKRIPSI

 

SKEMA SKRIPSI REGULER:

  1. Sistematika penulisan untuk pendekatan kualitatif (penelitian lapangan)

    Bab 1 (Pendahuluan)

    Latar Belakang

    Rumusan Masalah

    Tujuan Penelitian

    Manfaat Penelitian

    Sistematika Bab

     

    Bab 2 (Tinjauan Pustaka)

    Penelitian Sebelumnya

    Landasan Teori/ Konsep

    Kerangka Konsep

     

    Bab 3 (Metodologi Penelitian)

    Paradigma Penelitian

    Pendekatan Penelitian

    Metode Penelitian

    Subjek dan Objek Penelitian

    Teknik Pengambilan Data

    Waktu dan Lokasi Penelitian

    Teknik Analisis Data

    Teknik Keabsahan Penelitian

     

    Bab 4 (Temuan dan Pembahasan)

    Profil Informan

    Temuan Penelitian

    Pembahasan

     

    Bab 5 (Penutup)

    Kesimpulan

    Saran Penelitian Selanjutnya

     

    2. Sistematika penulisan untuk pendekatan kualitatif (penelitian teks)

    Bab 1 (Pendahuluan)

    Latar Belakang

    Rumusan Masalah

    Tujuan Penelitian

    Manfaat Penelitian

    Sistematika Bab

     

    Bab 2 (Tinjauan Pustaka)

    Penelitian Sebelumnya

    Landasan Teori/ Konsep

    Kerangka Konsep

     

    Bab 3 (Metodologi Penelitian)

    Paradigma Penelitian

    Pendekatan Penelitian

    Metode Penelitian

    Subjek dan Objek Penelitian

    Teknik Pengambilan Data

    Waktu Penelitian

    Teknik Analisis Data

    Teknik Keabsahan Penelitian

     

    Bab 4 (Temuan dan Pembahasan)

    Deskripsi Objek

    Temuan Penelitian

    Pembahasan

     

    Bab 5 (Penutup)

    Kesimpulan

    Saran Penelitian Selanjutnya

    3. Sistematika penulisan untuk pendekatan kuantitatif (survei)

    Bab 1 (Pendahuluan)

    Latar Belakang

    Rumusan Masalah

    Tujuan Penelitian

    Manfaat Penelitian

    Sistematika Bab

     

    Bab 2 (Tinjauan Pustaka)

    Penelitian Sebelumnya

    Landasan Teori

    Operasionalisasi konsep

    Hipotesa Penelitian

    Kerangka Pemikiran

     

    Bab 3 (Metodologi Penelitian)

    Paradigma Penelitian

    Pendekatan Penelitian

    Metode Penelitian

    Populasi dan Sample 

    Teknik Pengambilan Data dan Teknik Sampel

    Waktu dan Lokasi Penelitian

    Teknik Analisis Data

    Uji Validitas dan Uji Realibilitas

     

    Bab 4 (Hasil dan Pembahasan)

    Hasil uji validitas dan uji reliabilitas

    Hasil Penelitian

    Pembahasan

     

    Bab 5 (Penutup)

    Kesimpulan

    Saran untuk Penelitian Selanjutnya

    4. Sistematika penulisan untuk pendekatan kuantitatif (analisis isi)

    Bab 1 (Pendahuluan)

    Latar Belakang

    Rumusan Masalah

    Tujuan Penelitian

    Manfaat Penelitian

    Sistematika Bab

     

    Bab 2 (Tinjauan Pustaka)

    Penelitian Sebelumnya

    Landasan Teori

    Kerangka Teori

     

    Bab 3 (Metodologi Penelitian)

    Paradigma Penelitian

    Pendekatan Penelitian

    Metode Penelitian

    Populasi dan Sample

    Teknik Pengambilan Data dan Teknik Sampel

    Waktu dan Lokasi Penelitian

    Teknik Analisis Data

    Uji Validitas dan Uji Reliabilitas

     

    Bab 4 (Hasil dan Pembahasan)

    Gambaran objek penelitian

    Hasil uji validitas dan uji reliabilitas

    Hasil Penelitian

    Pembahasan

     

    Bab 5 (Penutup)

    Kesimpulan

    Saran Penelitian Selanjutnya

 

SKEMA NON REGULER

 

A. SCIENTIST

Publikasi artikel ilmiah di jurnal.

1. Skema ini hanya untuk individu/ perorangan.

2. Artikel dimuat di jurnal yang terakreditasi Nasional (Sinta 1-6). 

3. Focus dan scope jurnal harus sesuai dengan bidang Ilmu Komunikasi. Terutama yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari mahasiswa di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta.

4. Mahasiswa secara penuh menulis artikel ilmiah sedangkan dosen pembimbing memberikan bimbingan dan konsultasi sepanjang proses penelitian dan penulisan artikel ilmiah. 

5. Dalam urutan penulis, mahasiswa merupakan penulis pertama dan juga bertindak sebagai corresponding author. Sedangkan dosen pembimbing merupakan penulis kedua.

6. Mahasiswa dan dosen bersama-sama menentukan jurnal yang dituju untuk publikasi. Hal ini untuk menghindari mahasiswa submit artikel di jurnal predator. Apabila mahasiswa terlanjur menerbitkan di jurnal predator maka nilai skripsi saat sidang adalah D dan mahasiswa harus mengulang sidang pendadaran.

7. Format penulisan artikel mengikuti ketentuan format penulisan jurnal yang dituju.

8. Apabila mahasiswa dan dosen bersepakat untuk mengirimkan artikel ilmiah di jurnal berbayar, maka biaya publikasi ditanggung penuh oleh mahasiswa. 

9. Apabila mahasiswa dan dosen bersepakat untuk mengirimkan artikel ilmiah di jurnal internasional berbahasa Inggris, maka biaya penerjemahan artikel ilmiah ditanggung penuh oleh mahasiswa.

10. Artikel harus sudah diterbitkan apabila mahasiswa akan mendaftarkan sidang pendadaran

 

 

B. ARTIS

 

Artis – Output karya Visual

 

  • Skema ini hanya untuk perorangan (individu).

  • Mahasiswa wajib menggandeng mitra yang disetujui oleh dosen pembimbing.

  • Materi karya berwujud visual (foto, esai foto, foto story, desain komunikasi visual, atau konten lain yang masih di bawah payung Ilmu Komunikasi).

  • Karya skripsi harus merupakan karya baru dan diproduksi sebagai persyaratan Tugas Akhir mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi. 

  • Karya dipublikasikan/ dimuat/ ditayangkan secara online atau offline. Apabila secara online, bisa di media digital seperti media sosial, website, dan saluran lainnya yang bisa diakses dengan perangkat digital. Pemilihan media harus berdasarkan alasan akademis dan hasil diskusi dengan dosen pembimbing. Apabila secara offline, mahasiswa bisa memilih venue yang mampu merepresentasikan karya visualnya.

  • Karya merupakan hasil riset, eksplorasi dan kreativitas mahasiswa yang dalam prosesnya didampingi oleh dosen pembimbing.

  • Ketentuan tentang jumlah karya, frekuensi penayangan karya, materi (ide, tema, style konten, dan lain-lain) serta hal teknis lainnya harus didasarkan pada alasan akademis dan hasil diskusi dengan dosen    pembimbing.

  • Karya wajib untuk didaftarkan HKI oleh mahasiswa secara mandiri dengan mengatasnamakan mahasiswa (pencipta pertama) dan dosen pembimbing (pencipta kedua) sebagai syarat sidang pendadaran. 

  • Karya wajib dipublikasikan melalui pameran/ media yang terafiliasi dengan mitra.

 

Artis – Output karya Audio

  • Skema ini hanya untuk perorangan (individu)

  • Mahasiswa wajib menggandeng mitra yang disetujui oleh dosen pembimbing.

  • Materi karya berwujud audio (podcast, audiobook, atau jenis lainnya yang masih berada di bawah payung Ilmu Komunikasi).

  • Karya skripsi harus merupakan karya baru dan diproduksi sebagai persyaratan Tugas Akhir mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi. 

  • Karya dipublikasikan/ dimuat/ ditayangkan di media massa atau media digital. Pemilihan media harus berdasarkan alasan akademis dan harus disetujui dosen pembimbing. 

  • Karya merupakan hasil riset, eksplorasi dan kreativitas mahasiswa yang dalam prosesnya didampingi oleh dosen pembimbing.

  • Ketentuan tentang jumlah karya, frekuensi penayangan karya, materi (tema, style konten, durasi konten, dan lain-lain) serta hal teknis lainnya harus didasarkan pada alasan akademis dan harus mendapat persetujuan dosen pembimbing.

  • Karya wajib untuk didaftarkan HKI oleh mahasiswa secara mandiri dengan mengatasnamakan mahasiswa (pencipta pertama) dan dosen pembimbing (pencipta kedua) sebagai syarat sidang pendadaran.

  • Karya wajib dipublikasikan melalui media massa atau media yang terafiliasi dengan mitra.

 

Artis – Output karya Audio Visual 

 

  • Skema ini bisa untuk perorangan (individu) dan kelompok maksimal 3 orang mahasiswa.

  • Mahasiswa wajib menggandeng mitra yang disetujui oleh dosen pembimbing.

  • Untuk karya film fiksi dan dokumenter, mahasiswa tidak wajib menggandeng mitra.

  • Materi karya berwujud audio visual (film fiksi, film dokumenter, iklan, atau jenis lainnya yang masih berada di bawah payung Ilmu Komunikasi).

  • Karya skripsi harus merupakan karya baru dan diproduksi sebagai persyaratan Tugas Akhir mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi. 

  • Karya dipublikasikan/ dimuat/ ditayangkan secara online atau offline. Apabila secara online, bisa di media digital seperti media sosial, website, dan saluran lainnya yang bisa diakses dengan perangkat digital. Pemilihan media harus berdasarkan alasan akademis dan hasil diskusi dengan dosen pembimbing. Apabila secara offline, mahasiswa bisa memilih venue yang mampu merepresentasikan karya visualnya.

  • Karya merupakan hasil riset, eksplorasi dan kreativitas mahasiswa yang dalam prosesnya didampingi oleh dosen pembimbing.

  • Ketentuan tentang jumlah karya, frekuensi penayangan karya, materi (tema, style konten, durasi konten, dan lain-lain) serta hal teknis lainnya harus didasarkan pada alasan akademis dan harus mendapat persetujuan dosen pembimbing.

  • Karya wajib untuk didaftarkan HKI oleh mahasiswa secara mandiri dengan mengatasnamakan mahasiswa (pencipta pertama) dan dosen pembimbing (pencipta kedua) sebagai syarat sidang pendadaran.

  • Karya wajib dipublikasikan melalui screening terjadwal/ screening mandiri/ media massa/ media yang terafiliasi dengan mitra tertentu.

 

 

C. INTERNSHIP

 

  • Internship dilakukan mahasiswa secara mandiri selama minimal 3 bulan. Surat pengantar dari kampus dapat diminta ke admisi fakultas.

  • Perusahaan/ lembaga untuk skema ini minimal berskala nasional.

  • Bidang perusahaan/lembaga untuk internship/magang adalah bidang Ilmu Komunikasi. Misalnya: bidang broadcasting di stasiun televisi skala nasional, bidang sinema di production house skala nasional, bidang marketing communication di agensi iklan skala nasional, demikian juga dengan Visual Design.

  • Apabila mahasiswa magang di perusahaan/lembaga yang tidak bergerak di bidang Ilmu Komunikasi, maka mahasiswa harus ditempatkan di departemen/ divisi yang fokusnya terkait dengan bidang Ilmu Komunikasi (misal: corporate communication, public relation, media relation, dan lain-lain)

  • Untuk template skripsi skema ini menggunakan template skripsi reguler.

 

 

D. ENTREPRENEUR

1. Program Bisnis di Bidang Produksi/ Jasa Komunikasi (individu atau kelompok maksimal 3 orang mahasiswa)

 

  • Usaha yang dimiliki mahasiswa harus sesuai dengan bidang Ilmu  Komunikasi

  • Jasa produksi di bidang desain komunikasi visual (desain grafis, fotografi, dan jasa lain yang mencakup desain komunikasi visual). 

  • Jasa produksi di bidang audio visual (iklan, film, video klip, film dokumenter, dan produk lain yang mencakup bidang audio visual)

  • Jasa produksi di bidang marketing communication (digital media expert, social media consulting, dan jasa lain yang mencakup marketing communication).

  • Jasa produksi di bidang kehumasan (agensi humas, event organizer, dan jasa lain yang mencakup kegiatan kehumasan). 

  • Jasa produksi di bidang periklanan

  • Usaha sudah berjalan sebelum pengajuan judul ke DAAK, dibuktikan dengan akta notaris pendirian badan hukum

  • Usaha memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha)

  • Nama mahasiswa/salah satu mahasiswa bagi yang mengambil skema ini secara kelompok, tercantum dalam akta pendirian badan hukum.

  • Perusahaan sudah memiliki company profile

  • Sudah dan atau sedang menerima pesanan/ order dari klien.

  • Bagi mahasiswa yang berkelompok, setiap mahasiswa memiliki peran di perusahaan. Peran-peran tersebut antara lain: direktur, manajer pemasaran, manajer operasional, finance, dan peran lain yang penting di perusahaan.

2. Program Bisnis di Bidang Konsultasi Komunikasi (individu atau   kelompok maksimal 3 orang mahasiswa)

 

  • Usaha yang dimiliki mahasiswa harus sesuai dengan bidang Ilmu  Komunikasi

  • Jasa konsultan di bidang desain komunikasi visual (desain grafis, fotografi, dan jasa lain yang mencakup desain komunikasi visual).

  • Jasa konsultan di bidang audio visual (iklan, film, video klip, film dokumenter, dan produk lain yang mencakup bidang audio visual)

  • Jasa konsultan di bidang marketing communication (digital media expert, social media consulting, dan jasa lain yang mencakup marketing communication).

  • Jasa konsultan di bidang kehumasan (agensi humas, event organizer, dan jasa lain yang mencakup kegiatan kehumasan). 

  • Jasa konsultan di bidang periklanan.

  • Usaha sudah berjalan sebelum pengajuan judul ke DAAK, dibuktikan dengan akta notaris pendirian badan hukum

  • Usaha memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha)

  • Nama mahasiswa/salah satu mahasiswa bagi yang mengambil skema ini secara kelompok, tercantum dalam akta pendirian badan hukum.

  • Perusahaan sudah memiliki company profile

  • Sudah dan atau sedang menerima pesanan/ order dari klien.

  • Bagi mahasiswa yang berkelompok, setiap mahasiswa memiliki peran di perusahaan. Peran-peran tersebut antara lain: direktur, manajer pemasaran, manajer operasional, finance, dan peran lain yang penting di perusahaan.