KULIAH UMUM MEDIA PLANNING SUKSES DIGELAR
Penggunaan media digital saat ini menjadi peluang yang besar bagi perusahaan untuk mengenalkan produk mereka secara luas dan tepat. Pemanfaat media digital ini dibahas dalam kegiatan umum mata kuliah media Planning yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta pada 31 Mei 2024 secara daring melalui platform zoom. Narasumber yang dihadirkan untuk berbagi ilmu yaitu Ancilla Ribka Widyaningrum, Head of Digital Media Planner di Netlink World Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta.
Dalam kuliah umum ini, narasumber menjelaskan bagaimana memilih media digital yang tepat untuk mengenalkan suatu produk atau jasa suatu perusahaan dengan strategi yang tepat di Indonesia. Ribka mengatakan dalam dunia digital marketing saat ini dapat dibagi menjadi 4 kategori, yaitu paid, owned, earned dan yang terbaru melalui e-commerce. Keempat kategori tersebut mempunyai manfaat masing-masing yang dapat digunakan.
Dalam digital planning, Ribka menggunakan model marketing funnel untuk menentukan strtategi apa yang digunakan sesuai dengan target yang diharapkan oleh perusahaan terhadap konsumen mereka. Hal ini juga mempengaruhi perencanaan media digital yang digunakan agar dapat memenuhi harapan dari perusahaan. Secara teori marketing funnel beragam, akan tetapi Ribka menjelaskan empat tahapan yang dapat dilakukan dalam perencanaan digital yaitu Awareness, Considerastion, Conversion, dan Loyalty.
Ribka juga menjelaskan bahwa perencanaan yang sudah dilakukan berdasarkan target yang dituju dapat dihitung dengan rumus tertentu. Beliau memberikan contoh bagaimana kita dapat membuat digital plan yang baik dan juga berbagi ilmu mengenai aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari data untuk dapat menjelaskan lebih rinci perencaan yang akan dibuat. Selama kegiatan ini berlangsung peserta mahasiswa aktif memberikan kontribusi. Dipandu oleh moderator, para mahasiswa berkesempatan mengajukan pertanyaan langsung kepada pembicara dan mendapatkan jawaban serta saran praktis yang dapat diterapkan dalam proyek akademis maupun karir professional mereka.
Dari kegiatan ini diharapkan melalui pengalaman yang dibagikan oleh Ribka selama kuliah umum diharapkan dapat memberikan dorongan kepada mahasiswa ilmu komunikasi untuk berinovasi dan mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang media planning (agn, gz).
File Attachments