Berita S1 - Ilmu Komunikasi

PRODI KOMUNIKASI ULM LAKUKAN STUDI BANDING KE UAY

PRODI KOMUNIKASI ULM LAKUKAN STUDI BANDING KE UAY

Sebagai upaya meningkatkan mutu program studi, Ilmu Komunikasi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berkesempatan melakukan studi banding ke Universitas Amikom Yogyakarta (UAY). Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 28 Mei 2024 yang dihadiri oleh perwakilan dosen komunikasi ULM dan disambut oleh Tim Task Force Ilmu Komunikasi UAY. Selain itu, kedua instansi bersepakat melakukan pertukaran dosen mengajar.

 

Pada sambutannnya, Rivga Agusta S.IP., M.A selaku Sekrpdi dari UAY menuturkan turut senang dan bangga bahwa Komunikasi Amikom menjadi salah satu rujukan ULM untuk berdiskusi dan menimba ilmu. “Merupakan kebanggaan tersendiri bagi prodi Ilmu Komunikasi Amikom saat ini karena menjadi salah satu kampus tujuan dari ULM dalam melaksanakan pertukaran dosen. Kami juga sangat senang, mahasiswa kami berkesempatan untuk mendapat ilmu dan pandangan baru dari teman2 dosen ULM”, jelas Rivga.

 

Dalam kegiatan, dosen ULM diajak untuk berkeliling di lingkungan kampus terpadu Universitas Amikom Yogyakarta. Setelah puas berkeliling, kedua belah pihak melakukan Forum Group Discussion (FGD) diruang Produksi Film. Selanjutnya, acara inti dari kegiatan adalah pertukaran dosen dalam mengisi perkuliahan manajemen humas, jurnalistik, periklanan dan sosial media marketing. Perwakilan dosen ULM yang mengikuti pertukaran mengajar diantaranya :

 

  1. Muhammad Ainani, M.A dengan materi Identitas, Citra, dan Reputasi Korporat / Manajemen Isu Public Relations
  2. Prof. Dr. H. Bahrudin Ali Ahmad dengan materi Politik Jurnalisme
  3. Sarwani, M.med.Kom dengan materi Manajemen Isu
  4. Achmad Bayu Chandrabuwono, M.A dengan materi Social Media Marketing: Langkah-langkah Memulai Social Media Marketing
  5. Dr. Muhammad Alif dengan materi Ekuitas Merek

 

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut berkesempatan menjadi partisipan untuk belajar langsung dari dosen tamu Universitas Lambung Mangkurat. Selain mendapat pengalaman baru, peserta juga memperoleh ilmu yang berkesan serta berdiskusi mengenai materi-materi yang telah disampaikan. Tidak hanya melakukan pertukaran dosen mengajar, rangkaian kegiatan lain yang dilakukan berupa tanda tangan kerja sama dan implementation of agreement.

"Saat makul jurnalistik dengan adanya pertukaran dosen kemarin merasa senang dan jadi pengalaman baru karena mendapatkan materi baru serta menjelaskan materi secara detail, untuk ppt yang di berikan sudah cukup lengkap dan banyak informasi dan contoh-contoh dari materi tersebut serta penjelasan nya yang mudah di pahami oleh saya dan teman-teman”, jelas Surya salah satu peserta dari mata kuliah jurnalistik.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Angelita, salah satu peserta yang mengikuti kelas periklanan. Angel sapaan akrabnya juga menuturkan bahwa awal masuk kelas dirinya merasa kaget karena ada dosen luar yang mengajar. namun selama penjelasan materi, dirinya merasa senang karna penyampaian materi dan contoh yang diberikan mudah dimengerti. “Saat di matkul perikalan saya kaget adanya dosen pegangganti, tapi saya merasa senang banget di ajarkan oleh dosen  penganti tersebut di karenakan dosennya saat mengajar asik sekali dan saya tidak merasa bosan saat penyampaian materi pun mudah banget untuk di pahami”, jelasnya.

 

Adanya pertukaran dsoen mengajar diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak khususnya dalam pelaksanaan Tridharma. Dengan suasana baru, mahasiswa juga lebih bersemangat mengikuti kuliah dengan dibekali hard maupun soft skil dari dosen tamu - (Kontributor Tim Sosmed, gz).

File Attachments

Galeri Gambar